Selasa, 30 Oktober 2012

tentang Festival Band :D

Buat loe2 yang pengen ikutan festifal atau pensi dimana aja dan pengen menang, Ini sedikit tips buat band loe biar bisa meraih jawara di festival band. Mau tau tips nya ? loe pasti mau tau dan harus tau ok !

1. Buat Aransement Baru
Ini bukan masalah gampang, tapi juga bukan hal yang susah dikerjain. Tapi maenin lagu seperti yang udah publik dengar dan dikenal, ngga bakal jadi point lebih.
Sebagai band baru, seharusnya punya jati diri sekaligus ciri khas. Ngebawain lagu terkenal milik orang laen persis banget, malah bakal dinilai juri sebagai plagiat sejati. Jadi, maenin aja lagu wajib, biasanya di festival ada bagian ini, sesuai keinginan loe. Pakemnya biarin aja sesuai yang ada. Tapi, rubah dan tambah aransementnya sehingga jadi atau lebih menarik.

 2. Pahami Lagu Dan Juri
Jangan pernah meremehkan sesuatu, termasuk lagu. Biasanya, kelemahan vocalis adalah ngga menghayati lirik lagu yang dibawain. Ini jelas salah. Prinsip bahwa suara harus merdu, emang bener. Tapi, sisi penghayatan ngga boleh dilupain.Larutkan itu dalam ekspresi bernyanyi setelah sebelumnya dibenamkan dalam hati.

Juga untuk band pengiringnya dalam mengaransement lagu, jangan lupa menghayati liriknya. Masih dengan lirik tadi, maka sebisa mungkin pemain gitar jangan langsung nyelonong. Pahami lagu tersebut dimaenin dalam minor atau mayor. Kalo kesedihan menonjol, maka nada minor lebih cocok dan pas.

Pahami juri. Mungkin loe ngga pernah tau, siapa sebenarnya juri itu. Tapi paling ngga, menjelang festival jurinya akan dikenali sama band-band yang ikut festival. Biasanya akan ada orang yang berkomponen dalam bidangnya.Satu hal, pahami karakter mereka. Kalo si juri adalah musisi jebolan akademi musik, jangan sekali-kali main sok jago. Ini berbahaya dan harus dihilangkan. Lebih baik, main dengan benar baik ketukan atau birama. Kalaupun ada improvisasi, haruslah sesuai pas di telinga.

3. Jaga Mood
Istilah anak muda jangan angin-anginan. Termasuk mengelola emosi, sehingga ngga terlihat gugup atau ada hal laen. Biasanya, band pemula begitu semangat saat akan tampil, sehingga setelah dinyatakan kalah, mereka bertanya-tanya dan balik menuduh juri ngga adil.
Sebenarnya, yang mengatur semua ini adalah jiwa loe. Tekanan darah akan naik saat loe tampil di panggung. Namun ada juga yang merasa sok jago, sehingga ngga sabar buat unjuk kebisaan di atas panggung dan di depan dewan juri. Tapi sebenarnya biasa-biasa aja dan tenangkan hati.
Karena bermain musik dalam situasi hati yang tenang akan mendatangkan hasil yang baik. Harus diingat, jangan maenin lagu dengan irama yang ngga konstan. Kalo nanti di pertengahan jalan ada yang salah, jangan berhenti. Justru saling menutupi, sehingga kekompakan akan terjaga. Jangan salah sangka, hal kaya gini juga akan jadi poin buat loe.

4. Kostum
Boleh-boleh aja mematut diri buat narik perhatian juri. Tapi, salah kostum atau penampilan, malah bikin loe jadi terlihat lucu dan ngga berkarakter. Memilih penampilan juga menandakan seperti apa sebenernya band loe tersebut. Lebih baik sebelum manggung, buka-buka dulu majalah tentang musik dan amati gimana pendahulu-pendahulu itu berkostum. Ngga usah ditiru, tapi minimal ada pandangan bahwa kostum loe bukan malah ngejatuhin penampilan loe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar